by

Buruan Cek Penerima Bansos Bulan Ini Hanya Melalui cekbansos.kemensos.go.id

225 views

Bansos.leantoro.com. Buruan Cek Penerima Bansos Bulan Ini Hanya Melalui cekbansos.kemensos.go.id. Sampai November 2021,  Kementerian Sosial (Kemensos), masih akan terus mencairkan sejumlah bantuan sosial (bansos). Penerima manfaat bisa langsung dicek melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Sejumlah bantuan sosial yang diberikan pemerintah melalui Kemensos yakni PKH, Kartu Sembako, dsb. Sedangkan untuk bansos PKH diberikan pemerintah untuk masyarakat yang rentan dan miskin sesuai dengan indeks bantuan atau kebutuhan.

Bansos PKH ini sendiri hanya diperuntukkan bagi keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan sesuai kategori penerima menurut Kementerian Sosial.

Besaran dana yang dapat diterima, nominal yang diberikan berbeda-beda antar keluarga. Besaran dana ini bergantung pada kondisi keluarga penerima manfaat.

Misalkan untuk keluarga penerima manfaat (KPM) yang memiliki anak usia dini dan ibu hamil diberikan Rp 3 juta per tahun. Sementara keluarga yang memiliki anak SD menerima Rp 900.000 per tahun, anak SMP Rp 1,5 juta per tahun, dan anak SMA Rp 2 juta per tahun.

Jika di keluarga tersebut ada penyandang disabilitas/lansia, maka bantuan yang berhak diterima adalah Rp 2,4 juta. Jika keluarga memiliki 2 orang anak SD, maka bantuan yang diberikan menjadi dobel, yakni Rp 900.000 ditambah Rp 900.000 per tahun.

1. Kunjungi website https://cekbansos.kemensos.go.id
2. Isi data provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat Anda tinggal
3. Ketik nama Anda sesuai KTP
4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru
6. Lalu klik tombol cari

Demikian cara cek bansos PKH. Sekedar informasi, melalui laman cekbansos.kemensos.go.id, masyarakat juga bisa mengecek penerima manfaat bansos lain seperti Kartu Sembako.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed